BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Persaingan dalam bisnis layanan jasa
transportasi udara pada masa sekarang ini mengalami perkembangan yang sangat
pesat. Belasan perusahaan penerbangan yang ikut serta meramaikan bisnis ini
saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan yang sebanyak-banyaknya dengan
berbagai macam cara dan strategi yang digunakan. Mulai dari harga tiket yang
murah sampai dengan pelayanan yang baik yang ditujukan untuk kepuasan pelanggan
yang menggunakan jasa mereka. Mandala Airlines merupakan salah satu perusahaan
penerbangan nasional yang meramaikan dunia bisnis layanan jasa transportasi
udara.
Seperti yang telah dikemukakan
sebelumnya, banyak perusahaan penerbangan swasta yang mulai ikut meramaikan
bisnis transportasi udara ini. Mandala Airlines merupakan kompetitor baru
pertama mulai membuka rute Padang – Jakarta sejak bulan April 2002, kemudian
diikuti oleh beberapa penerbangan lainnya. Sampai akhir tahun 2006 telah
tercatat ada beberapa maskapai penerbangan yang juga ikut melayani rute Padang
– Jakarta seperti Lion Air, Adam Air serta Air Asia.
Masuknya beberapa kompetitor baru
ini mengakibatkan terjadinya kelebihan seat dibandingkan jumlah penumpang,
walaupun jumlah penumpang juga mengalami kenaikan.
Dalam kondisi persaingan yang
demikian ketat akibat munculnya pesaing baru pada rute yang sama, Mandala
Airlines harus berupaya mengantisipasi perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis
jasa penerbangan. Perubahan tersebut menuntut penerapan strategi baru untuk
melayani kebutuhan konsumen dan menciptakan kepuasan bagi para
pelanggannya.
Konsep
pemasaran yang dianut oleh Mandala Airlines adalah yang memiliki tema pokok
yang menyatakan bahwa seluruh elemen perusahaan harus berorientasi pada
kepuasan konsumennya. Perusahaan akan berusaha untuk mengetahui segala sesuatu
yang berhubungan dengan konsumennya dan berusaha untuk memuaskan keinginan
mereka. Pemahaman mengenai tanggapan dan perilaku konsumen terhadap produk
menjadi hal yang penting dalam menjamin tercapainya tujuan perusahaan untuk
memuaskan keinginan konsumen. Begitu banyak pesaing memaksa setiap perusahaan
untuk menciptakan keunggulan dalam bersaing. Beberapa kompetitor yang siap
menjadi pesaing utama dari Mandala Airlines seperti pada tabel 1.1 dibawah ini
:
Tabel 1.1
Kompetitor Mandala Airline
di Kota Padang
No
|
Kompetitor
|
Rute
|
1
|
Garuda Airlines
|
Padang - Jakarta
|
2
|
Sriwijaya Airlines
|
Padang - Jakarta
|
3
|
Batavia Airlines
|
Padang - Jakarta
|
4
|
Air Asia Airlines
|
Padang - Jakarta
|
5
|
Adam Air Airlines
|
Padang - Jakarta
|
6
|
Merpati Nusantara
|
Padang - Jakarta
|
Pengertian
kepuasan atau ketidakpuasan pelanggan adalah merupakan perbedaan antara
pelanggan dengan kenyataan yang dialami pelanggan. Menurut Kotler (2001), kepuasan pelanggan didefinisikan sebagai perasaan
senang atau kecewa seseorang atas perbandingan kinerja suatu produk dengan
harapannya atas kinerja produk tersebut (diskonfirmasi). Sedangkan afeksi
adalah perasaan atau respon yang timbul dari dalam diri seorang konsumen karena
keadaan dilingkungan sekitar. Respon yang timbul tersebut bisa berupa afeksi
positif maupun negatif, meliputi rasa senang, sedih gembira, bahagia ataupun
marah. Menurut Sumarwan (2003),
peran afeksi (emosi) pelanggan sangat berhubungan dengan pembelian ulang yang
dilakukan pelanggan terhadap produk suatu perusahaan. Pengalaman pembelian yang
memuaskan menjadi salah satu alasan bagi pelanggan untuk tetap tertarik pada
suatu produk yang pada akhirnya mengarah pada pembelian ulang. Oleh sebab itu,
Mandala Airlines harus bisa membangkitkan emosi, dan afeksi positif konsumen,
yang pada akhirnya konsumen akan merasa senang terhadap layanan perusahaan dan
menimbulkan kepuasan yang tinggi.
Mandala dikenal sebagai transportasi
udara yang telah memiliki image dan nama baik dimata masyarakat di tanah air,
hal itu terlihat interior dan layout pesawat yang semakin tertata rapi dengan
terkesan mewah. Hal ini dilakukan untuk lebih meningkatkan kepuasan dan rasa
aman dari konsumen didalam menggunakan jasa penerbangan Mandala Airlines.
Berbagai cara dan strategi yang dilakukan Mandala pada saat ini nampak begitu
jelas hal ini ditujukan untuk mempertahankan kepercayaan dan loyalitas konsumen
atau masyarakat untuk tetap menggunakan Mandala sebagai alternatif utama dalam
melakukan perjalanan dan aktifitas.
Berdasarkan penjelasan diatas
penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul proposal : “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Konsumen Pada Perusahaan Penerbangan Mandala Airlines Cabang Padang”.
Perumusan
Masalah
Dari
uraian di atas, maka permasalahan yang dapat dirumuskan oleh penulis adalah :
”Sejauhmana
faktor kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada
Perusahaan Penerbangan Mandala Airlines cabang Padang”.
Tujuan
dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Adapun
tujuan penelitian ini adalah :
”Untuk
mengetahui atau untuk mendapatkan bukti tentang pengaruh kualitas pelayanan
jasa terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa penerbangan Mandala
Airlines cabang Padang pada khususnya”.
Manfaat Penelitian
a.
Bagi Perusahaan
Memberikan
masukan bagi perusahaan yang dapat dijadikan prestise sumbangan pikiran dan pertimbangan dalam menerapkan
strategi pengambilan keputusan serta mengetahui kinerja layanan jasa pada para
penumpang.
b.
Bagi
Mahasiswa Lainnya
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memberikan bukti untuk mengkonfirmasikan hasil
penelitian sebelumnya dan menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya.
Sistematika Pembahasan
Secara
garis besar penulisan yang direncanakan sebagai berikut:
BAB I : PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan mengemukakan tentang latar
belakang masalah, Identifikasi masalah, batasan masalah, perumusan masalah,
tujuan dan manfaat penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II : KERANGKA KONSEPTUAL
Dalam bab ini penulis akan mengemukakan tentang
tinjauan hasil penelitian terdahulu, landasan teori yang berisikan
uraian-uraian tentang teori yang berkaitan dengan masalah yang dibahas,
kerangka pemikiran penulis, dan hipotesa yang merupakan jawaban sementara
terhadap masalah penelitian.
BAB III : METODE PENELITIAN
Dalam bab ini penulis akan mengemukakan tentang
lokasi penelitian, teknik pengambilan sampel, variabel operasional, metoda
pengumpulan data dan metoda analisa data, metode pengujian hipotesa
BAB IV : GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Berisikan tentang sejarah singkat berdirinya PT.
Mandala Indonesia, Struktur Organisasi serta pembagian tugas yang telah
ditetapkan oleh pihak perusahaan, tujuan dan ruang lingkup perusahaan.
BAB V : ANALISA DAN PEMBAHASAN
Berisikan
tentang analisis hasil penelitian, pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat
kepuasan konsumen pada PT. Mandala Airlines, Pengujian Hipotesis, pengujian
data dan pembahasan
BAB IV :
PENUTUP
Dalam bab ini penulis akan mengemukakan kesimpulan
dan saran, keterbatasan studi, dan penelitian lanjutan yang diperlukan pada
masa yang akan datang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar